Mengelola Penulisan untuk Media Internal dan Branding Media Sosial
I.
Konsep Workshop
1.
Para peserta akan dipandu dasar-dasar jurnalistik untuk membuat tulisan yang baik dan menarik dalam penerapan kaidah-kaidah bahasa (EYD,
tata bahasa, dan sebagainya).
2.
Para peserta akan dipandu untuk membuat tulisan di media social agar bisa menjadi
branding dalam rangka meningkatkan nama perusahaan
3.
Para peserta akan diberikan teknik atau kiat-kiat agar tulisan di media social tersebut
dapat meningkat trafiknya dan pengunjungnya sehingga mampu menyedot perhatian
netizen
4.
Para peserta akan diberi panduan tentang cara
efektif dalam mengelola media internal, termasuk cara membangkitkan komitmen
para staf yang dilibatkan di dalam tim, agar mereka selalu bersemangat dalam
mengelola media internal tersebut.
5. Peserta akan dilatih untuk membuat tulisan dan akan direview serta diberi masukan oleh Trainer
5. Peserta akan dilatih untuk membuat tulisan dan akan direview serta diberi masukan oleh Trainer
6.
Follow up berupa interaksi intensif di media social selama 3 bulan. Ini sangat penting, sebab
sebenarnya workshop 1 atau 2 hari saja tidak cukup untuk mempelajari segala
sesuatu yang berkaitan dengan penulisan, termasuk pengelolaan media internal.
Masa berlaku follow up ini ditentukan waktunya dan tak ada biaya
tambahan. Sehingga pada masa setelah pelatihan akan ada pendampingan atau
konsultasi secara online.
Peserta
Karyawan Perusahaan
sebanyak maksimal 50 orang
II.
Materi Workshop untuk Perusahaan
Workshop
Dua Hari Penulisan Artikel
Hari
Pertama
Materi
Dasar Penulisan Artikel
No
|
Materi
|
Tujuan
|
Pemateri
|
Waktu
|
1
|
Motivasi
Menulis
|
Membangkitkan
motivasi dan rasa percaya diri bagi peserta,
bahwa siapa saja – termasuk mereka – bisa membuat tulisan yang
berkualitas.
|
Jonru
|
09.00 – 10.30
|
Coffee Break
|
10.30 – 10.45
|
|||
2
|
Kiat
Mengembangkan Ide Tulisan & Menulis
artikel sederhana
|
Memberikan
langkah-langkah
teknis bagi peserta tentang cara mengembangkan ide tulisan, dan
kiat teknis menulis article yang sederhana
|
Dodi Mawardi
|
10.45 – 12.15
|
ISHOMA
|
12.15 – 13.15
|
|||
3
|
Kiat Mengelola Buletin Internal
|
Memberikan
wawasan kepada peserta tentang kiat-kiat dasar penulisan nonfiksi, kiat mengelola Media Internal baik obline maupun offline
|
Dudun
|
13.15 – 14.45
|
4
|
Membuat Tulisan untuk Media Sosial
(FB, Blog dsb)
|
Memberi pemahaman akan tulisan
yang cocok di media social dari sisi konten, cara penulisan dan bentuk
tulisan sehingga cocok ditulis di media social
|
Jonru
|
14.45 – 16.15
|
Hari
Kedua
Materi-Materi
Tips & Trik Menulis
No
|
Materi
|
Tujuan
|
Pemateri
|
Waktu
|
1
|
Couching Clinic
Sesi 1
|
Peserta Latihan untuk menulis
artikel untuk media social , cara membuat artikel untuk blog agar lebih
menarik
|
Jonru & Dudun
|
09.00 – 10.30
|
Coffee Break
|
10.30 – 10.45
|
|||
2
|
Couching Clinic
Sesi 2
|
Membedah tulisan karya peserta
masing-masing selama 5 menit dan memberi masukan atau review
|
Jonru & Dudun
|
10.45 – 12.15
|
ISHOMA
|
12.15 – 13.15
|
|||
3
|
Tips &
Trik Menulis di Blog dan FB meningkatkan Trafik
|
Kiat agar
tulisan anda dapat menarik perhatian pengunjung dan
fan page di FB meroket
|
Jonru
|
13.15 – 14.45
|
4
|
Tips dan Trik meningkatkan SEO
Sosial media anda menulis artikel
-Versi penulis
|
Kiat agar tulisan anda menjadi
halaman 1 google dan dikunjungi banyak
orang
|
Fahrul Rozy
|
15.00 – 16.30
|
Profil
Pembicara
1.
Jonru adalah pemilik Dapur
Buku.com, Penulis buku 10 Buku , Aktifis Social Media dengan jumlah fp FB
750 ribu Trainer Penulisan
2. Dudun Parwanto adalah pemilik EO Pasir Biru dan Bianglala Publishing, Penulis 20 Buku, mantan wartawan Gatra dan mengelola beberapa media internal perusahaan, Ghost Writer dan Trainer penulisan
2. Dudun Parwanto adalah pemilik EO Pasir Biru dan Bianglala Publishing, Penulis 20 Buku, mantan wartawan Gatra dan mengelola beberapa media internal perusahaan, Ghost Writer dan Trainer penulisan
3.
Dodi
Mawardi, adalah Penulis 50
Buku, Pemilik sekolah menulis kreatif, Ghost writers, dan Trainer
penulisan
4.
Fahrul
Rozy, Owner Pendekar
Digital, Praktisi SEO dan Google
Portofolio
Pelatihan
- Pelatihan Penulisan Artikel Populer Moneter dan Perbankan, Bank
Indonesia (Direktorat Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat),
2006.
- Pelatihan Pengelolaan Web, Departemen Agama RI, 2006. Bertempat di
Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta.
- Pelatihan Penulisan untuk Karyawan Direktorat Unit Khusus Manajemen
Informasi (UKMI) Bank Indonesia Pusat, Jakarta 27 – 29 Agustus 2008
(pembicara sekaligus fasilitator).
- Pelatihan Penulisan & Penerbitan Buku Ajar Tingkat Nasional di
Universitas Sebelas Maret, Solo, 7 Juli 2008.
- Pelatihan Penulisan di PT Citra Marga Nussaphala Persada, Jakarta, tanggal
6 Juli 2010.
- Pelatihan Penulisan Artikel di
Forum Peduli Timika 3-6 Desember 2013 di Timika Papua
- pelatihan Penulisan Artikel di
PT Pos Indonesia 6-9 September 2011 di Bandung
- Pelatihan Penulisan artikel
batch 1 Departemen Komunikasi Bank Indonesia 1-3 April 2014 di bandung
- Pelatihan Penulisan artikel
batch2 Departemen Komunikasi Bank Indonesia 10-13 September 2014 di
Kuta Bali
- Pelatihan Penulisan Knowledge
Chapturing di PLN Traning Center 21-23 Maret 2015 di Diklat PLN Pusat
Jakarta
- Pengelolaan Media Internal Mabrur Kementrian Agama
- Pengelolaan Media Internal Speedy PT Telkom
- Pengelolaan Media Online PT Dahana
Biaya:
Workshop 2 hari = Rp 35
juta
Diluar transportasi, akomodasi dan
pajak.
Fasilitas :
- 4 Orang Trainer
- Materi & Penggandaan
- Sertifikat
- Konsultasi Online 3 Bulan
- Buku Kiat Dahyat Menulis Artikel
Untuk Kaos maka ada tambahan Rp 100 ribu per
peserta.
Hubungi Kami:
Pelatihan Penulisan
Pasir Biru Organize
Jl. Kerjabakti No 9 Kel
Makasar Kec Kramat Jati Jakarta Timur
Telp/ WA: 0813-10054310
(Dudun) BBM 73CBCA00
Email:doe2nparwanto@gmail.com
Email:doe2nparwanto@gmail.com
Website:
www.pelatihanpenulisan.blogpsot.com
Terima kasih dan salam
sukses
Comments
Post a Comment